Cara Membuat Dashboard Pivot Table Menarik

Dashbboard pivot table merupakan tujuan akhir pivot table. Artikel ini sudah pada tahap akhir. Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara membuat pivot table, cara membuat pivot chart dan lainnya. Dashboard ini akan menggabungkan semua materi sebelumnya untuk membuat dashboard pivot table untuk menampilkan analisis data yang lebih atraktif.

cover membuat DASHBOARD pivot table
Mengingatkan kembali Tugas Bos Now sebelumnya dimana menyuruh kita membuat dashboard. Dashboard ini akan digunakan untuk melakukan presentasi terkait kinerja suatu perusahaan. Artikel Dashboard ini merupakan tahap akhir dari sebelumnya melewati 2 tahapan yaitu pivot chart dan filtering dengan slicer dan timeline. Kali ini kita akan bahas secara lengkap menggabungkan semua materi sebelumnya hingga menjadi dashboard yang atraktif sesuai dengan keinginan Bos NOw.

Langkah-langkah dalam membuat dashboard pivot table.

Time needed: 20 minutes.

Dalam pembuatan dashboard banyak hal yang akan dipikirkan. karena ini termasuk kompleks dan hampir semua yang dipelajari sebelumnya ada disini. silahkan membuka artikel terkait pivot tabel. Mari kita mulai.

  1. Melakukan analisis terlebih dahulu apa yang akan ditampilkan

    Analisis awal ini sebagai langkah awal yang digunakan sebagai rujukan untuk kedepannya. Kita harus menentukan apa saja yang akan ditampilkan mulai dari grafik, table hingga filter yang akan digunakan. Disini coba saya akan bikin contoh analisis awal dicontoh ini.
    a. Grafik, Data yang ingin ditampilkan yaitu 10 Barang yang paling banyak dibeli (grafik batang vertikal), Total Penjualan menurut kategori (grafik pie), Profit menurut regional (grafik batang), tren transaksi menurut kategori dan per bulan (grafik garis).
    b. Filter, Filter yang akan dilakukan ada 3 yaitu Filter menurut triwulanan (timeline), filter menurut segmen pembeli (slicer), menurut ship mode (slicer)
    c. Pivot Table, Pivot table yang dibikin sama dengan jumlah grafik yang sudah direncanakan tadi sebanyak 4 pivot table.
    d. Tambahan, kita juga ingin menampilkan data total transaksi, penjualan dan profit berdasarkan filter tadi. Ini menggunakan shape saja. tapi nanti kita akan bahas lengkap cara membuatnya.

    Dari analisis ini kita bisa menyimpulkan bahwa kita akan membuat 4 grafik, 4 pivot table, 2 slicer serta 1 timeline dan 3 shape data.

    dashboard pivot table
    Hasil akhir yang akan dicapai

  2. Membuat pivot table

    Dari tahap pertama di atas kita sudah sangat terarah dalam membuat dashboard. Langkah pertama yaitu membuat pivot table karena kita akan selalu mulai dari pivot table. Caranya tidak akan dijelaskan di sini, bisa dibuka artikel sebelumnya apabila belum tahu cara membuat pivot table. Silahkan membuat pivot table berdasarkan analisis grafik di atas. Buat sesuai dengan variabel yang digunakan. Berikut contoh salah satu pivot table. Bikin hingga empat pivot table karena akan grafik yang akan digunakan menggunakan data dari tiap pivot table yang ada.hasil akhir

  3. Membuat Pivot Chart

    Setelah pivot table tentu saja selanjutnya membuat pivot chart. Pivot chart yang dibuat disini sebanyak empat juga sesuai dengan analisis diatas dan menggunakan dari 4 pivot table yang pernah dibuat pada tahap kedua. Pivot chart dibuat pada sheet tersendiri dengan pivot table. Caranya bisa dilihat pada artikel cara membuat pivot chart. Berikut hasil dari pembuatan pivot chart. hasil pivot chart

  4. Membuat Filter Slicer/Timeline

    Langkah yang sama dilakukan untuk tahap ketiga yaitu membuat filter slicer/timeline. Dari contoh ini kita membuat 2 slicer dan 1 timeline. Langkah ini juga sudah kita bahas bagaimana membuat filter. Setelah selesai membuat filter kemudian hasilnya pindahkan ke sheet yang sama dengan pivot chart.hasil filter slice

  5. Dashboard sudah jadi, Tapi….

    Pivot chart dan slicer serta timeline sudah jadi maka dashboard sudah jadi. Gampang toh. Yaah, segampang itu kan. Pada tahap ini sudah pada tahap “seni”. Silahkan berkreasi bagaimana bentuknya sesuai dengan keinginan. dibawah ini tambahan tips/trik.

  6. Tambahan, cara membuat shape berdasarkan data pivot table

    Caranya sangat mudah ternyata walaupun awalnya tidak terpikirkan. Pertama bikin shape sesuai keinginan. Kemudian pada bagian formula tinggal bikin formula sesuai dengan keinginan misalkan ingin mendapatkan nilai dari total profit. Bikin formula yang mengarahkan pada nilai total profit. Berikut tahapannya.cara membuat shape formula

  7. Memeriksa hubungan/koneksi antar pivot table dengan pivot chart dan slicer serta timeline

    Tujuan dari memeriksa koneksi agar bisa kita pastikan data yang tampil di dashboard sudah benar berdasarkan data pivot table.
    Pivot chart, cara memeriksa yaitu klik pivot chart pilih Analyze > Filter connection.
    Slicer dan Timeline, Caranya klik kanan pada slicer/timeline kemudian pilih report connections.
    silahkan cek atau uncek data yang dihubungkan atau tidak. cara mengatur koneksi pivot chart

Akhirnya tugas dari Bos Now sudah selesai. Kita sudah bisa membuat dashboard dari pivot table semoga Pak Bos bisa senang dan sesuai dengan diharapkan. Apabila ada kendala-kendala terkait pembuatan dashboard ini karena ini tahapannya sangat panjang yang pastinya ada kendala-kendala. Semoga Dari Pak Bos ini bisa menginspirasi dan bermanfaat buat kita. Tetap Berkarya dan Do it Now!!!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *