Cara Mudah Membuat Pivot Tabel di Microsoft Excel

Pivot tabel merupakan salah satu fitur microsoft excel yang sangat berguna. Sebelumnya sudah dijelaskan lengkap terkait pengertian pivot tabel. Buat yang masih kurang bisa dibuka kembali link tersebut. Setelah kita memahami pivot tabel, langkah selanjutnya tentu saja membuat pivot tabel.

Kami akan membuatkan kasus yang bisa digunakan untuk analisis. Tujuan dari kasus ini yaitu menganalisis dan melihat laporan terkait hasil transaksi penjualan superstore di United States. Data yang diperoleh lumayan lengkap untuk kasus ini dari tahun 2014-2017 sebanyak 9994 transaksi. serta memiliki banyak variabel yang sangat cocok untuk contoh pembuatan pivot tabel. Untuk analisis pivot tabel selanjutnya akan menggunakan data ini. mulai dari awal pembuatan hingga akhir yaitu dashboard.

cara membuat pivot tabel

Langkah-langkah dalam membuat pivot tabel:

 

Gambar di atas menunjukkan tabel pivot sudah berhasil dibuat. cuman ya masih kosong. memang dibuat begitu karena yang akan membuat kita sendiri sehingga sesuai yang kita inginkan.

yang sebelah kiri merupakan posisi tampilan hasil pivot tabel. yang kanan atas adalah variabel/nama kolom yang terdapat dalam database. sedangkan kanan bawah yaitu posisi variabel yang akan digunakan nanti yaitu baris, kolom, nilai dan filter. sedikit penjelasan terkait 4 posisi ini:

  1. Baris, variabel yang akan digunakan pada bagian baris, biasanya ini berupa kategori, atau tanggal atau misalkan nama orang. 
  2. Kolom, sama dengan baris, cuman posisinya kolom. baris dan kolom bisa ditukar tergantung keinginan pengguna. dan bisa salah satu nya tidak terisi. artinya hanya ingin melihat satu variabel.
  3. Nilai. ini nilai yang akan dimunculkan. ini bisa berupa jumlah atau banyaknya atau rata-rata.
  4. Filter. ini digunakan untuk filter dari hasil pivot tabel. ini bisa kosong, artinya menampilkan semuanya tanpa ada yang di filter. 

Itu sedikit penjelasan terkait penggunaanya pivot tabel. langsung saja kita coba supaya langsung paham maksudnya apa sih tadi itu.

Membuat pivot tabel sederhana

untuk sekarang kita akan membuat pivot tabel sederhana. Misalkan kita akan membuat laporan terkait jumlah transaksi menurut region dan berdasarkan kategori barangnya. Ini tujuan untuk kasus kali ini.

Sebelum ke langkahnya. yang pertama dilakukan yaitu menentukan posisi tadi yaitu:

  1. Baris/Rows, Karena kita ingin melihat transaksi per region, kita pilih region pada bagian baris. Caranya drag yang variabel region kemudian taruh di bagian Rows. Seperti pada gambar berikut.
    drag pivot table
  2. kolom/Columns, Hal yang sama dilakukan pada kolom, kita menentukan variabel apa yang akan digunakan. misalkan kita juga ingin melihat per kategori nya juga. jadi pilih category.
  3. Nilai/Values, untuk nilai bisa diisikan variabel yang bernilai sesuai yang diinginkan. untuk kasus ini pilih sales. Nah, bagian ini kita menentukan jenis apa datanya apakah SUM(penjumlahan dari semua sales), Count(Banyaknya transaksi), atau Average (rata-rata transaksi).
  4. Filter, untuk filter. ini tergantung bisa diisi atau kosong. tujuannya untuk filter hasil pivot tabel. Misalkan ingin melihat kategory pembeli yaitu segment.

hasil pivot tabel

Maka hasilnya seperti diatas. Hasilnya pada gambar di atas kita bisa melihat transaksi yang di lakukan superstore berdasarkan wilayah pembeli dan kategori barang yang dibeli. Jumlah total transaksi dari tahun 2014-2017 sebanyak 9.994 transaksi. kita bisa membuat hasilnya sangat cepat dan akurat. tanpa harus membuat rumus/formula dan bisa sangat fleksibel sesuai keinginan kita.

Itu saja untuk artikel ini. Nanti kan untuk kelanjutan dari artikel ini. kita akan membuat supaya hasilnya jauh lebih menarik dari ini. selanjutnya yaitu Membuat group pivot tabel Tujuannya agar hasil pivot tabel lebih berkelompok dan rapi sesuai yang diinginkan. Semoga bermanfaat bisa kita semua. Tetap Berkarya. Terima Kasih 

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *