Memahami fungsi Tabel Pivot di Microsoft Excel

Tabel pivot adalah salah satu fitur paling berguna di Microsoft Excel. Fungsi tabel pivot yaitu dapat membuat laporan yang sangat cepat dan interaktif tanpa harus melakukan banyak hal. Artikel kali ini akan dibahas pengantar Tabel Pivot dan manfaatnya, serta fitur-fitur yang terdapat di dalam. Menurut Office sendiri, Tabel pivot adalah alat yang ampuh untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda.

pivot tabel excel

Apa Fungsi Tabel Pivot?

Sebelumnya sudah dibahas pengertian tabel pivot. Agar lebih paham kali ini kita menganggap tabel pivot sebagai laporan. Namun, tidak seperti laporan statis, tabel pivot memberikan tampilan interaktif data Anda. Dengan sedikit langkah (dan tanpa rumus) Anda dapat melihat data yang sama dari berbagai perspektif. Anda dapat mengelompokkan data ke dalam kategori, memecah data menjadi tahun dan bulan, memfilter data untuk memasukkan atau mengecualikan kategori, dan bahkan membuat grafik.

Tabel pivot ini akan membuat anda lebih cepat dalam melakukan analisis data dengan hanya beberapa tahap dan bisa melihat data dari sudut pandang berbeda sehingga akan memudahkan membuat analisis data.

Kelebihan Tabel pivot di Microsoft Excel

Mudah. Tabel pivot dasar sangat sederhana untuk diatur dan dikustomisasi. Tidak perlu mempelajari formula rumit. baru satu kali coba langsung bisa.

Kecepatan. Anda dapat membuat laporan yang keren dan bermanfaat dengan tabel pivot dalam hitungan menit. Walaupun Anda sangat pandai menggunakan formula untuk membuat laporan yang sama dengan pivot tabel anda akan tetap kalah cepat dibandingkan dengan menggunakan pivot tabel.

Fleksibilitas. Tidak seperti menggunakan formula, tabel pivot tidak kaku ke tampilan data tertentu. Anda dapat dengan cepat mengatur ulang tabel pivot sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bahkan dapat mengkloning tabel pivot dan membuat tampilan terpisah sesuai kebutuhan.

Akurasi. Selama tabel pivot diatur dengan benar, Anda dapat yakin bahwa hasilnya akurat. Bahkan, tabel pivot akan sering menyoroti masalah dalam data lebih cepat daripada alat lain.

Pengaturan. Tabel Pivot dapat diterapkan secara otomatis menerapkan pengaturan angka dan pengaturan tampilan, bahkan saat data berubah.

Pembaruan. Tabel pivot dirancang untuk pembaruan yang sedang berlangsung. Jika Anda menggunakan tabel pivot pada Tabel Excel, tabel tersebut dapat mengubah ukuran sesuai kebutuhan dengan data baru. Yang perlu Anda lakukan cukup mengklik Refresh, dan tabel pivot akan memunculkan hasil yang baru.

Filtering. Tabel pivot memiliki beberapa alat untuk memfilter data. misalkan kita ingin melihat data pulau jawa dan kalimantan saja? Tabel pivot bisa membuatnya sangat mudah.

dashboard pivot table
Contoh penggunaan pivot tabel

Fitur-fitur yang dimiliki fungsi pivot tabel

Filtering dengan Slicer dan Timeline

Salah satu fitur yang terdapat dalan tabel pivot yaitu filtering yang sangat mudah. filtering dalam pivot tabel bisa dilakukan seperti biasa dalam excel, namun dalam pivot tabel ada fitur yang digunakan untuk jauh mempermudah dalam filtering yaitu slicer dan Timeline. Dengan menggunakan slicer dan Timeline kita akan jauh lebih mudah melakukan perubahan filtering cukup satu langkah.

Pivot Chart

Setelah membuat tabel pivot, terdapat fitur yang aktif yaitu pivot chart. dari namanya kita bisa tahu bahwa fitur membuat grafik dengan fungsi seperti pivot. jadi bedanya pivot chart ini akan jauh lebih fleksibel sesuai dengan data pivot tabel.

Layout

Fungsi Pivot tabel dilengkapi dengan pengaturan tampilan layout. layout disini digunakan untuk sesuai keperluan pengguna dan tentu saja sesuai prinsip pivot tabel cepat dan fleksibel. Misalkan kita ingin menampilkan total tiap kategori akan bisa dibikin langsung.

Dashboard

Dashboard ini sebenarnya bukan fitur tapi pengembangan dari fitur itu sendiri. ketika kita bisa menggabungkan fitur-fitur diatas. kita akan bisa membuat sebuah dashboard yang digunakan menampilkan Hasil analisis data yang jauh lebih atraktif, fleksibel dan terlihat sangat eye catching mudah dipahami. Seperti dalam dashbord website kita cukup klik saja kita akan bisa lihat apa yang kita mau tanpa mengetik sama sekali.

Demikian sedikit pengantar terkait Fungsi pivot tabel. Semoga bisa mulai memahami walaupun sedikit. kita akan membahas cara membuat pivot tabel  dan membuat dashboard dengan menggunakan semua fitur yang sehingga kita bisa memaksimalkan fungsi pivot tabel itu sendiri. Jangan berhenti disini, tetap belajar dan berkarya.

 

Sumber : Excel Pivot Tables

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *