Perbandingan WordPress Vs Blogger. Mana yang terbaik?

Saat ini membuat blog maupun website sangat lah mudah. Banyak kemudahan dalam membuat. Tidak perlu mahir dalam programming, gratis dalam menggunakan, semua sudah tersedia, dan banyak pilihan. Semua tergantung pilihan kita. Pertama dalam terjun dunia blog saya dibuat bingung dalam memilih wordpress atau blogger. saya sudah membuat dua blog tersebut pertama blogger kemudian wordpress. Oleh karena itu, kita akan membahas perbandingan wordpress vs blogger.

Catatan: Dalam perbandingan ini wordpress yang dibandingkan adalah wordpress self-hosted wordpress.org dengan blogger bukan wordpress.com vs blogger. Sedikit penjelasan wordpress self-hosted ini adalah wordpress dengan server dan domain anda sendiri. Anda menggunakan CMS wordpress.org di server anda.

Hal-hal yang menjadi perbedaan WordPress vs Blogger

Kepemilikan dan Kontrol

Blogger merupakan anak perusahaan dari perusahaan raksasa yaitu Google. Hal yang menjadi alasan utama saya dalam memilih blogger karena Google. Tentu saja pikiran saya dengan berada dalam naungan google yang sangat luar biasa kita bisa mendapat banyak kemudahaan. Mulai dari Blogger itu gratis, sebagian besar fitur dapat diandalkan, dan cukup untuk publis konten yang anda inginkan di web. Selain itu pemikiran saya karena kita berada dibawah naungan google mungkin saja kita lebih cepat dalam pencariannya. tapi ternyata itu tidak terbukti. kita dianggap sama dengan yang lain jadi tetap perlu berusaha. Ada sisi negatifnya, blogger dan artikel kita yang kita buat susah payah ternyata bukanlah milik anda. Google yang menjalankan jasa tersebut dan memiliki hak untuk menonaktifkan akses anda ke jasanya kapanpun.

blogger-vs-wordpress, kepemilikan

 

Sedangkan wordpress, anda menggunakan jasa penyedia hosting untuk host suatu website. Anda bebas untuk menentukan berapa lama website anda berjalan dan anda ingin menonaktifkannya. Anda memiliki semua data, dan anda mengkontrol informasi apapun ke pihak ketiga. Namun, Anda perlu perlu membayar ekstra untuk membeli domain dan hosting.

Untuk kontrol, Ada banyak keterbatasan di blogger karena gratis dan berada dinaungan google. Seperti tidak bisa mengganti template dan menambah plugin. Selain itu, Website anda bisa dihapus sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Meskipun jarang dan tidak mungkin tanpa sebab, tapi Blogger punya hak untuk menghapus website anda.

Bisa diilustrasikan perbandingan antara pekerja kantoran dan pengusaha. kalau pekerja kantoran kita tinggal kerja apa yang sudah diinstruksikan (diartikan server) dan dapat gaji bulanan yang pasti tiap bulan sedangkan kalau pengusaha disini dia berusaha sendiri mencari usaha/pekerjaan sendiri (server) tapi pendapatan bisa saja rugi atau akan sangat untung.

Baca:
Cara Mudah Membuat Blog di Blogger/blogspot
Cara Mudah Membuat Blog di WordPress Secara Gratis

Popularitas

Indikator yang perlu dilihat adalah popularitas. WordPress (hosted dan self-hosted) saat ini berada di peringkat pertama sebagai CMS yang paling populer dengan persentase pasar seluruh dunia sebesar 54% daripada total pengguna CMS lain. Sedangkan Blogger ada di peringkat 4 dengan persentase pasar 1%. Ini sangat terlihat dominasi wordpress yang sangat luar biasa. Data ini diambil dari website builtwith.

popularitas, blogger vs wordpress

Tapi kok di indonesia kok terlihat sangat banyak pengguna blogger? saya juga pengguna blogger. Ternyata di indonesia memang banyak website menggunakan jasa blogger. hal ini dilihat dari website tersebut ada sekitar 30,57% pengguna blogger sedangkan wordpress unggul sedikit sebanyak 33,29%. ini untuk yang berekstensi “.Id”. namun, dalam website tersebut masih ada jenis wordpress yang lain sehingga jika gabungkan bisa 50% lebih. Jadi, kalau di indonesia memang seimbang dalam penggunaan blog.

 

Fitur

Kalau kita lihat fitur dasar sebagai CMS, ketiganya setara. Sama-sama bisa membuat post dan page, memasukkan gambar, video, dan multimedia lain. Tapi blogger punya kelemahan: 1 halaman dibatasi hanya bisa berukuran 1 MB. Jadi anda tidak akan bisa membuat 1 halaman yang berisi banyak gambar. Tapi ini bisa diatasi dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Kalau kita lihat secara fleksibilitas, WordPress.org unggul.

blogger-vs-wordpress, fitur

Ada satu kelebihan yang sangat menonjol dari wordpress yaitu adanya plugin. sebenarnya di blogger juga ada tapi blogger sangat terbatas dan hanya untuk tampilan saja. sedangkan di wordpress anda bisa menambahkan fitur-fitur ekstra dengan bantuan plugin. Ada ratusan ribu plugin yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Inilah yang bikin kelebihan menggunakan wordpress. Karena semua bisa mulai dari teknik SEO, AMP, Kompres gambar dan masih banyak lainnya yang tidak terdapat di blogger. Karena sifatnya open source, kita juga bisa modifikasi semua fiturnya.

Tampilan Website

Blogger secara default hanya menyediakan kumpulan template yang terbatas untuk digunakan. Anda dapat melakukan modifikasi terhadapat warna, layout, menggunakan tools yang disediakan oleh blogger. Terdapat cukup banyak non-official template namun tidak cukup dapat diandalkan dan berkualitas rendah.

blogger-vs-wordpress, tampilan

Terdapat ribuan tema yang gratis maupun yang premium yang disediakan oleh wordpress dan pengembang wordpress yang ada diseluruh dunia. Hal ini dapat membuat website kalian tampak profesional tanpa kemampuan koding. Tidak peduli website apa yang anda punya, anda pasti akan menemukan tema yang sesuai dengan kualitas yang baik dan mudah untuk di modifikasi.

Dukungan

blogger-vs-wordpress

Bantuan untuk blogger sangat terbatas. Blogger memiliki dokumentasi yang cukup dasar. Dalam hal support blogger dapat dikatakan kurang.

WordPress memiliki komunitas yang sangat aktif. Terdapat dokumentasi online, forum, chatroom dimana kalian dapat mendapatkan bantuan dari pengguna wordpress yang sudah berpengalaman. Terlepas dari bantuan dari komunitas, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan bantuan premium untuk wordpress.

Masa Depan

Blogger tidak terlihat memiliki update yang besar dalam waktu yang cukup lama. Kita sudah melihat google sudah banyak membunuh produknya sendiri seperti google reader, Adsense for feeds, dan banyak kabar burung tentang FeedBurner adalah calon selanjutnya. Masa depan blogger bergantung pada google, dan google memiliki hak untuk mematikannya kapanpun google mau. Apalagi persentase pengguna blogger hanya 1% tentu ini akan menjadi pertimbangan.

blogger-vs-wordpress

WordPress adalah software open source yang berarti masa depannya tidak bergantung kepada perusahaan atau suatu individu. WordPress dikembangkan oleh komunitas dan penggunanya. Jika anda penasaran, anda dapat ke github dari wordpress di github.com/WordPress. Menjadi cms yang paling terkenal, ribuan bisnis di dunia yang bergantung padanya, menjadikan masa depan wordpress cerah dan meyakinkan.

 

Keseimpulan

Dari semua poin poin di atas. kita bisa lihat bagaimana WordPress begitu dominan dari hampir semua sisi mungkin terkecuali kalau wordpress itu perlu bayar. ini khusus wordpress self hosted tapi yang hosted gratis cuman dengan berbagai keterbatasan. Dari pengalaman dua blog saya punya dan fakta di atas sangat lah wajar kalau saya memilih WordPress. Saya merasa sangat puas dengan apa yang dimiliki dengan wordpress. Tapi, tentu saja ini bukan jamin kalau website wordpress selalu lebih tinggi. Semua itu tergantung kita bagaimana kita membangun blog dengan konten yang berkualitas dan tetap konsisten. Hal ini terlihat dari 10 Ribu website terbesar di dunia ada beberapa pengguna blogger.

Itulah sedikit pendapat dari saya. Semua tergantung anda dalam membangun website. tetap konsisten dan Bikin Now.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *