Rumus Terbilang di Excel : 3# Metode Add-Ins

rumus terbilang add ins

Metode Terakhir adalah Rumus Terbilang Add-ins. Sebelumnya sudah dibahas metode Manual, dan VBA. Nah yang terakhir ini akan kita bahas dan dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. serta kesimpulan yang bisa membantu memutuskan mana yang terbaik akan dipilih.

Cara ini menggunakan semacam aplikasi tambahan pada microsoft excel biasa disebut Add ins. Add ins ini khusus dibuat untuk membuat rumus terbilang. Sehingga kita tidak akan repot lagi memikirkan rumus yang panjang pada metode sebelumnya. Nantinya dari Add ins ini akan memunculkan formula baru yang khusus untuk rumus terbilang  dan bisa digunakan di microsoft excel langsung.

Cara Instal Rumus Terbilang Add-Ins

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mendownload terlebih dahulu file add-ins. Bisa di download pada tombol berikut. Langsung di sedot saja. File Add-Ins.
  2. Mengaktifkan semua akses macros. Caranya Klik File > Options > Trust Center > Trust Center Settings >Macro Settings> Pilih Enable all macros. Cara Gampangnya kalau Tabs Developer Aktif cukup Pilih Developer > Macro Security. Harusnya akan seperti berikut hasilnya.
    enable macros excel
  3. Kemudian install add ins terbilang yang sudah di download tadi. Caranya Klik Tabs File > Options >Add-ins Kemudian pilih Go pada bagian paling bawah. Atau Tabs Developer > Add-Ins. Maka akan muncul seperti berikut.
    add-ins excel
  4. Pada gambar di atas terlihat daftar add-ins yang tersedia pada komputer. Kalau belum dicentang artinya belum aktif. Untuk mengaktifkan cukup centang add-ins nya.
  5. Apabila belum ada add-ins rumus terbilang pilih browse kemudian pilih file yang sudah didownload sebelumnya. pastikan file add-ins berada di tempat yang aman. Karena apabila terhapus akan hilang juga fungsinya.
  6. Proses instalnya sudah selesai. dan Pastikan add-ins terbilang sudah dicentang.

Cara menggunakan rumus terbilang add ins

  1. Caranya sangat sederhana seperti menggunakan formula rumus excel biasa.
  2. Formula yang digunakan yaitu “=terbilang(ANGKA)”.
  3. Contoh penggunaannya misalkan
    untuk yang langsung : “=terbilang (20000)” secara tidak langsung “=terbilang (B2)” dimana di cell B2 terdapat angka 200000.
  4. Maka hasilnya berupa huruf “dua ratus ribu”.
  5. Untuk menambahkan dengan rupiah bisa menggunakan rumus =terbilang (B2)&” Rupiah”.
  6. Dikombinasikan dengan rumus lain juga misalkan ingin huruf besar semua bisa menggunakan formula “upper”. berikut contohnya =UPPER(terbilang(B2)). Dan Seterusnya.

Hal yang perlu diperhatikan Rumus Terbilang Add-Ins

  1. Add ins ini sangat tergantung dari file yang didownload tadi. Sehingga apabila terhapus atau tidak berada diposisi sebelumnya maka tidak akan bisa digunakan.
  2. Seperti pada no 1 dimana file ini harus selalu ada. Maka add ins hanya berlaku untuk di komputer yang digunakan saja. sehingga apabila add ins tidak bisa digunakan pada komputer lain apabila belum diinstal dengan cara tadi.
  3. Harus selalu aktif macros nya. Dan ini berbahaya apabila aktif karena komputer bisa kena malware lewat ini.
  4. tidak berlaku untuk 15 digit dan bilangan desimal.

Kelebihan dan Kekurangan Ketiga Metode

  1. Cara Manual dan VBA tidak perlu menggunakan file khusus untuk bisa  aktif hanya rumus. Tapi untuk Add ins butuh file add ins yang di download tersebut.
  2. Dari poin 1 pengguna add ins hanya untuk penggunaan sendiri. Tapi cara manual dan VBA bisa digunakan untuk semua orang dengan syarat punya rumusnya saja.
  3. Untuk sisi kemudahan penggunaan. VBA dan Add ins sangat mudah karena bisa digunakan sama dengan formula bisa yang diexcel. Tapi untuk cara manual yaah agak susah. Karena kurang fleksibel letak yang ingin dicoba. Dan 1 rumus hanya berlaku untuk satu cell. Sehingga perlu menggunakan banyak rumus untuk banyak cell yang digunakan.
  4. Untuk sisi keamanan. Cara manual sangat aman. Karena hanya menggunakan rumus biasa. Sedangkan untuk VBA dan Add ins harus mengaktifkan fitur macros yang seperti kita tahu bisa berpotensi untuk tersebarnya malware seperti ransomware. Resiko masing-masing. Selama ini saya belum pernah. Tapi tetap tidak aman. Bisa juga misalkan sudah tidak digunakan dimatikan kembali.
  5. Maksimal digit yang bisa dipakai 15 digit. Selebihnya akan error atau hasilnya salah.
  6. Salah satu kelemahan dari cara VBA adalah tidak bisa disimpan dalam bentuk xlsx yang biasanya. Hanya bisa disimpan dengan .xlsm agar bisa tersimpan rumus macros. Sedangkan dua cari lainnya aman saja jika menggunakan .xlsx
  7. Ketiga cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa jika ada angka desimal harus bilangan bulat. Siapa tahu ada yang mau bikin. Monggo bisa dishare.
perbandingan rumus terbilang 3 metode

Kesimpulan

Teman-teman sudah tahu perbedaan dari ketiga cara di atas. Masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan tersendiri. Kalau untuk penulis sendiri akan lebih suka yang metode Manual. Faktor utama kenapa memilih manual karena keamanan dan akses nya bisa digunakan semua orang. Tanpa perlu merepotkan lagi walaupun dengan konsekuensi akan lebih ribet menggunakannya.

Keputusan di tangan teman-teman silahkan memilih. Untuk yang ingin mencoba metode lain bisa buka rumus terbilang. Semoga bermanfaat buat kita semua. Tetap berkarya dan bermanfaat buat sekitar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More