10 Tips dan Trik Teknik Typography membuat Desain Menarik

Tips typography kali ini membagikan dari website orang lain yang menurut saya sangat baik dalam penjelasannya karena disertai dengan contoh yang sederhana tapi jelas. saya hanya menulis ulang menurut bahasa saya untuk yang ingin langsung bisa melalui sumber link di bawah artikel ini.

Typography merupakan salah satu teknik dalam desain yang mungkin kelihatan sepele karena hanya tulisan penjelasan. Saat ini typography sudah menjadi teknik yang wajib dalam desain karena akan sengat mempengaruhi pemahaman seseorang terhadap isi desain tersebut. Sesuai dengan kata-kata sumber tersebut kita sangat sering dalam berkarya dengan desain baik desain spanduk, video untuk youtube, cover, dan masih banyak lain. Kenapa tidak kita meningkatkan level? Tertarik? kita akan bahas ini. kita sama-sama belajar karena typography ini merupakan kreatifitas yang tiap orang sangat tergantung kretifitasnya.

Langsung saja kita memulai. Apabila merasa bermanfaat silahkan share.

1. HIRARKI

Hirarki disini maksudnya sistematika penulisan. Tulisan yang akan ditampilkan harus benar-benar mudah dipahami. Coba bertanya kepada diri sendiri. Apa kata kuncinya? bagian mana dari pesan ini yang benar-benar harus muncul? Bagaimana saya mempermudah pembaca?. Bagian ini dasar dan sangat penting karena disinilah kreatifitas kita akan sangat perlu. Disini kita perlu banyak referensi. Banyak di internet bisa dijadikan referensi. Dari Sini kita memutuskan bagian hurufnya besar Tebal, sedang atau pun kecil sesuai dengan isi pesan.

tips typography, desain
Contoh dengan tanpa hirarki
tips typography, desain
Contoh dengan Hirarki

 2. Memasangkan Font

Memasangkan font adalah bagian teknis dan merupakan proses intuisi, seperti halnya seni. Supaya tulisan kelihatan lebih menarik dan tidak membosankan kita harus membuat yang kontras. seperti gambar di atas kita tahu bagian mana yang merupakan kata kunci dikasih tebal dan besar. kemudian bagian penjelasan tulisannya kecil dengan banyak penjelasan. Hal ini sama dengan font. jika font terlalu mirip, kita akan berfikir lebih banyak bagian mana yang utama yang perlu diingat. itu kurang baik.

Jadi, mata kita tidak suka ambiguitas dan suka kontras.

Terus bagaimana dengan memasangkan font?

  • Jauhi dari memasangkan dua jenis huruf sama/Serif. Misalkan Lebih baik menyandingkan Serif dan Sans Serif (yang memiliki serif, dan yang tidak memilikinya).
  • Hati-hati dengan font dengan ukuran yang sama. Jauh lebih baik untuk memasangkan super tebal dan garis rambut, daripada tebal dan semi tebal.
  • Cara lain untuk menambahkan banyak kontras yang dicari adalah mengutak-atik spasi antar karakter. Atau Anda dapat mencoba memasangkan gaya yang sangat berbeda, misalnya Sans Serif dan Tulisan Tangan. Tergantung kreatifitas kita.
tips typography, desain, font, memasangkan font
Font ini terlalu mirip (Volkron dan Robot Slab)
tips typography, desain, font, memasangkan font
Serif dan San Serif pasangan yang bagus (Volkron dan Raleway)
tips typography, desain, font, memasangkan font
Sans serif dan Display font tidak kalah cocok (Raleway dan Lobster)
tips typography, desain, font, memasangkan font
Sama-sama Font dari Oswald Family, Tapi Beda Ukuran. Ide yang bagus juga

3. Ruang Kosong

Element desain membutuhkan area  untuk bernafas juga agar kelihatan lebih baik. Pikirkan margin dan jauhkan dari tepi batas. Terlalu ramai berkumpul elemen desain adalah salah satu kesalahan paling umum. Mulai sekarang kita mulai membuat desain kita tidak terlalu ramai agar orang tertarik untuk terus melihat desain anda.

 

ruang kosong, typography, desain
Desain berantakan kelihatan jelek
ruang kosong, typography, desain
Ruang Kosong sangat vital untuk Typography yang baik

4. Alignment

Untuk kemudahan membaca, pastikan teks Anda disejajarkan dengan cara yang teratur. Cara yang baik untuk mendekatinya adalah mengelompokkan elemen berdasarkan hubungan logisnya. Sebuah header dan subjudul dapat disatukan sementara tautan media sosial dapat digabungkan ke dalam blok mereka sendiri.

Konsisten dengan keselarasan. Gambar grid imajiner yang menempel di atas desain Anda. Kemudian sejajarkan elemen sesuai dengan kisi ini. Hindari bagian-bagian yang menembus dinding luar grid. Sejajarkan sebagian besar elemen ke kiri, tengah atau kanan.

Tip cepat: Ruang putih adalah bagian penting dari keselarasan.

alignment, typography
Penyusunan teks kelihatan kurang baik
alignment, typography
Pengaturan alignment tengah terlihat lebih baik

5. Readability atau Mudah dibaca

Inti dari typography adalah membuat orang untuk mudah membaca bukan hanya desainnya yang luar biasa. Buat apa kita bikin desain yang keren sekali dengan teknik yang luar biasa tapi hasilnya tidak bisa dipahami orang lain.

Teks dapat dibaca ketika memiliki yang berikut:

  1. Kontras, ini yang paling utama (perbedaan kecerahan, perbedaan warna atau saturasi)
  2. Spasi antar karakter
  3. Spasi antar garis
  4. Typography tanpa “bells and whistles”. Maksudnya tanpa ada sesuatu yang tidak penting dimasukkan dan tidak berpengaruh ke maknanya.
  5. Ukuran yang pas
  6. Bebas dari background yang mengganggu.
  7. Ruang kosong
kesalahan desain, typography, unreadable
Kalau tidak bisa dibaca, ditenggelamkan saja
tips typography, desainn
Bisa dibaca dulu

6. Warna

Jika Anda ingin berhasil dalam tipografi, pelajari dasar-dasar teori warna. Apa yang dibutuhkan untuk mengharmoniskan warna? Apa itu kontras melengkapi? banyak hal dalam menentukan tema warna yang digunakan sesuai dengan pesan yang disampaikan.

Ada banyak situs web yang akan membantu Anda mempercepat mempelajari teknik warna dalam desain.

1. Anda dapat mengunjungi Adobe Color CC, pilih aturan warna complementary dan itu akan ditunjukkan pasangan warna yang cocok secara sempurna. Seperti Teal dan Mustard dalam contoh kedua di bawah ini.

2. Atau Anda dapat pergi ke ColorHunt.co dan memilih dari banyak skema warna yang disetujui oleh komunitas pecinta warna.

Oh, dan warna-warna yang terlalu cerah menyebabkan efek dering dan bahkan mungkin merusak.

Tip cepat: kontras Terang-Gelap antara teks dan latar belakang adalah yang paling bisa membuat teks dapat dibaca. Kontras saturasi adalah yang kedua. Kontras warna adalah yang terlemah, terutama untuk orang buta warna.

kesalahan, typography, desain
Warna terlalu cerah bisa mengakibatkan kesalahan fatal
compound color harmony, desain, typography
compound color harmony – menggunakan warna tambahan
Monochromatic – warna yang dibagi berdasarkan satu warna
Complementary contrast – dua warna yang contrast

7. Kontras

Kami sudah berbicara tentang kontras. Itu membuat hal-hal menonjol, mengharmoniskan font yang berbeda, membuat teks mudah untuk dibaca.

Dalam tipografi, setidaknya ada lima jenis kontras berbeda yang harus kita ketahui.

  1. Kontras Ukuran

    Cara termudah untuk menarik perhatian adalah membuat elementnya lebih besar, kemudian mengecilkan elemen lainnya.

    Kontras Ukuran, Typography,
    Kontras Ukuran – Tunjukkan dengan teksmu

  2. Kontras Ketebalan

    Banyak family font seperti Lato memungkinkan untuk memilih ketebalan yang berbeda. mulai dari garis tipis hingga yang super tebal.

    Kontras ketebalan, typography, desain
    Kontras ketebalan – Menggunakan satu family font tapi dengan ketebalan berbeda

  3. Kontras warna

    Untuk tipografi kreatif, kontras warna adalah teman Anda yang harus anda kenal dengan baik. Kita dapat membaginya menjadi tiga kontras: berdasarkan nilai, saturasi, dan warna. Bisa dibilang, yang paling menonjol adalah kontras nilai alias Light-Dark. Ini menjadikan hal-hal dapat dibaca dan sebaliknya.

    Kontras lain yang dapat kita gunakan adalah saturasi, bayangkan perbedaan antara merah matahari terbenam dan merah muda pucat seperti contohnya. kontras hue memberi tahu kita seberapa jauh jarak warna pada penghitungan warna. Ini kurang terlihat dibandingkan kontras Light-Dark.

    Kontras warna, typography, desain
    Kontras Warna – menggunakan teknik light-dark

  4. Tracking contrast

    Salah satu cara kurang umum menambahkan kontras adalah bermain dengan pelacakan.

    tracking contrast, typography, desain
    tracking contrast – Dengan memberikan spasi, jangan dengan menarik /strech

  5. Style Contrast

    Coba gabungkan antar style teks yang sangat berbeda. ini akan menambah kontras desain anda.

    style contrast, desain, typography
    Style Contrast – dua gaya berbeda akan terlihat lebih menarik

8. Layout

Tata letak teks dalam tipografi adalah bagaimana Anda menyusun teks pada halaman (atau lebih tepatnya dalam gambar). Bayangkan, Anda sedang melihat foto dibawah ini dan membuat kemungkinan yang berbeda di pikiran Anda. Hmm, di mana saya ingin menempatkan teks? Apakah saya ingin itu menaruh di sekitar bahu kiri? Atau mungkin saya ingin menaruh dibagian belakang? Jadi itu tetap di belakang gambar? Atau hanya mengaturnya dalam kotak teks sederhana? Layout ini tergantung kretifitas masing-masing. Silahkan mencoba terus hingga mendapatkan posisi yang pas.

typography, desain
Layout teks berada di samping model
typography, desain
Layout kelihatan 3D

9. Konsisten

Karena tipografi apa pun akan memberi tahu Anda, konsistensi adalah Kunci. Bersikaplah rendah hati, tetap dengan tidak lebih dari beberapa font per gambar. Batasi efek cheesy seperti bayangan, garis besar dan gradien. Batasan diri ini tidak terlihat mengurangi kreativitas. Sebaliknya, mereka semakin meningkatkan kreativitas kita dengan membuat kita memilih dengan bijak. Gunakan pengulangan dan tempelkan satu metode desain di seluruh desain untuk menghindari terlalu banyak metode desain. Dan tetap sederhana.

typography, kelemahan, desain
Terlalu banyak efek kelihatan aneh
konsisten, tips typography
Konsisten dengan satu gaya

10. Variasi Tambahan

Sentuhan terakhir, menambahkan elemen yang akan menambahkan  nilai tambah ke desain yang dibuat. Jadi, bukan asal menambahkan. Tetap ada kreatifitas di dalamnya. Contoh elemen tambahan tersebut seperti:

  1. Label
  2. Icon
  3. Garis
  4. Simbol dimodifikasi ( Balik V dari pada huruf A)
  5. Bentuk tak beraturan

Bikin NOW

Setelah sekian banyak tips yang telah dijelaskan beserta contoh. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi buat kita semua termasuk saya sendiri. Karena artikel ini pun merupakan karya Creative Shrimp. Saya mengulas kembali kedalam bahasa saya. Artikel tersebut sangat baik penjelasannya disertai contoh.

Setelah mengetahui tips typography ini, diharapkan kita sudah meningkatkan level kita. Harapannya kita bisa berkarya lebih baik. Jangan takut berkarya dan bikin NOW. Seperti Cara Mudah Membuat Cover sederhana tapi Kelihatan elegan yang dibuat sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *